Widget HTML Atas

Tips Meningkatkan CTR di Google Adsense

Click Through Rate "CTR" atau lebih kita kenal dengan Rasio dari pertayang iklan adsense anda di situs adalah persentase jumlah klik iklan dalam beberapa kali iklan di situs anda di tampilkan, Contohnya saja situs anda memiliki Pageviews 1000 kali dan iklan yang ditarget mendapat 20 kali, maka persentase CTR anda adalah 2%. rumusan nya 1000/100 x 20 = 2%.
Di dalam Hitungan CTR di dalam Google Adsense bisa paling rendah sekitar 0,5% sampai paling tinggi 20%.

Tips High CTR to Google Adsense

Nah jika sekiranya target CTR anda masih belum sampai 20% maka anda bisa dengan mengoptimalkan dari beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda meningkatkan atau setidak nya mengoptimalkan secara signitifkan.

Berikut Tips Meningkatkan CTR di Google Adsense anda :

1. Posisi Iklan Adsense Anda
posisi iklan adsense anda disitus berperan penting untuk meningkatkan penghasilan, yang penting iklan dalam sebuah halaman cukup pasang 2 sampai 3 iklan saja, hapus iklan di bagian sidebar karena kurang ditanggapi oleh pengunjung, seharusnya iklan di letakan di bawah judul dan akhir postingan saja, agar peforma iklan menjadi lebih baik dan meningkatkan CTR anda.

2. Format atau Ukuran Iklan Adsense
di adsense ketika membuat unit iklan kita disediakan dengan bermacam-macam ukuran iklan pada halaman, namun anda harus memilih lebih bijak dan mengetahui ukuran seperti apa iklan yang lebih baik, jangan sampai anda memasang iklan terlalu besar ataupun terlalu kecil, hal ini akan mengurangi pendapatan anda di Google Adsense,bahkan di Google Adwords akan meminta pembayaran lebih tinggi kepada ukuran iklan yang lebih Populer yaitu pada ukuran 250 x 300.
Maka iklan yang lebih baik itu iklan Format berukuran : 250 x 300

3. Warna Iklan pada Situs
Ada banyak macam warna yang disediakan oleh adsense, anda bebas memilih dan ber experimen untuk mendapatkan kesimpulan warna apa yang lebih baik di situs anda, namun saya sedikit memberikan rekomendasi warna apa yang paling populer untuk meningkatkan CTR di adsense anda, anda bisa lebih lengkap baca disini : Strategi Warna Iklan Adsense Yang Baik

4. Iklan yang Relevan
Google Adsense juga bekerja dengan menampilkan iklan yang relevan di halaman situs anda, dengan iklan yang relevan akan menghasilkan CTR yang lebih tinggi, Namun banyak Situs yang susah di ketahui Niche apa pada halaman nya, tidak tau apa isi pada halaman nya sehingga iklan yg relevan tidak berpengaruh di situs anda, atau Google kesulitan untuk memberikan iklan yang relevan di situs anda:
Contoh : Situs anda bertemakan Kesehatan, Namun Bot Adsense kesulitan untuk mengetahui niche apa di dalam situs anda, Contoh Tag H1 hilang, Alt gambar tidak ada dan lain-lain akhirnya iklan adsense disitus anda tidak sesuai yang menjadikan Tidak Relevan.
Anda bisa baca lebih lengkap disini : Tips Agar Iklan Lebih Relevan di Situs Anda.

5. Jenis Pengunjung
dalam mendapatkan View maka bermacam cara untuk meningkatkan nya, namun tahukah anda bahwa Lalu lintas Organik jauh lebih Mahal CTR nya di banding Lalu lintas dari Sosial Media.

6. Iklan Gambar dan Teks
Google juga menyediakan pilihan iklan seperti apa yang lebih anda sukai tampil di halaman anda, namun untuk meningkatkan CTR anda harus tau apa pilihan yang lebih baik untuk meningkatkan penghasilan, Rekomendasi terbaik setelah saya melakukan praktik adalah iklan Gambar saja yang akan meningkatkan CTR.

7. Copot Iklan Versi Mobile
Setelah Google Adsense merilis Mode iklan versi mobile seperti iklan hamparan dan vinyet maka di sarankan untuk tidak memakai iklan tersebut, hal ini akan memperkecil persentase penghasilan anda, ditambah lagi iklan Vinyet akan membuat pengunjung langsung kabur yang mengakibatkan Rate Bounce pada halaman anda akan meninggi.

8. Template yang Rapi
Kebanyakan template Fokus pada Bagus atau Tidak pada halamanya saja, namun kadang kurang mempedulikan ketika iklan adsense ditambahkan ke situs nya, yang bisa saja mengakibatkan terlalu lebar, tidak responsif, memanjang ke kiri atau ke kanan hingga menutup tulisan di postingan nya, yang akhirnya tidak memberikan halaman pengguna yang baik ini akan langsung membuat CTR anda langsung merosot.

Mungkin sekiranya seperti itu pengalaman saya untuk meningkatkan penghasilan CTR, nah semoga Tips dari saya bisa membantu anda untuk meningkatkan pefoma iklan nya, untuk yang masih kurang paham anda bisa bertanya di kolom komentar - Terima Kasih