Widget HTML Atas

Cara Merawat HP Agar Awet yang Benar dan Bisa Bertahan Lebih Lama

Keberadaaan HP kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Tapi sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat HP agar awet dengan benar.

Padahal merawat HP ini cukup penting supaya kondisinya selalu pria dan bisa kita gunakan lebih maksimal. Apa jadinya jika tidak ada perawatan sama sekali, kemungkinan besar smartphone akan mudah rusak dan tidak bisa bertahan lama.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mengetahui langkah atau tips perawatan ponsel yang benar supaya bisa awet. Kali ini kita akan membahas seputar tutorial tips yang mudah untuk Anda terapkan sendiri.

Simak Beberapa Cara Merawat HP Agar Awet dan Bisa Bertahan Lebih Lama

Handphone atau HP di era seperti sekarang ini tentunya sudah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan sebagai media komunikasi. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, HP pun juga ikut mengalami perubahan menjadi lebih canggih.

Keberadaan HP sendiri akan membuat para pengguna merasa lebih mudah untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, belajar hingga belanja. Tidak hanya itu saja, melainkan juga bisa sebagai media hiburan, seperti menonton film, bermain game dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun sebagai perangkat elektronik yang canggih, ternyata HP juga bisa cepat rusak, terlebih jika tidak ada perawatan sama sekali. Itulah mengapa penting bagi kita sebagai pengguna smartphone untuk senantiasa merawat keberadaannya supaya bisa bertahan lebih lama. Lantas bagaimana caranya?

Menggunakan Case dan Tempered Glass

Cara merawat HP agar awet untuk tips yang pertama adalah dengan memberikan perlindungan bodi dengan menggunakan case. Pada dasarnya bagian yang satu ini lebih rentan retak bahkan bisa pecah, sehingga memerlukan perlindungan yang ekstra.

Selain itu keberadaan case ini juga bisa mengurangi resiko kerusakan ketika smartphone terjatuh karena tidak sengaja. Selain hanya bodi, ternyata layar juga justru lebih rentan pecah bahkan rusak, apalagi jika tertimpa benda-benda berat.

Oleh karena itu Anda bisa membeli pelindung layar seperti tempered glass, karena ini bisa melindungi layar HP Anda. Sehingga saat terjadi gesekan terhadap benda-benda sekitar, maka layar smartphone Anda akan tetap terlindungi.

Menggunakan Charger Asli

Cara merawat HP agar awet selanjutnya adalah dengan selalu menggunakan charger original alias asli supaya bisa bertahan lebih lama. Karena segala apapun benda asli maka akan membuat sesuatu bisa bertahan lebih lama karena itu adalah asli.

Berbeda lagi dengan charger yang abal-abal alias KW, maka hal ini bisa merusak perangkat karena mesinnya tidak sesuai sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan charger palsu dengan menggantinya dari produk charger yang original.

Sebaiknya saat Anda mengisi daya, jangan mengisi baterai hingga 100% karena ternyata ini dapat berdampak buruk terhadap baterainya. Sebab baterai yang di-charge secara terus-menerus ternyata bisa membuat kapasitasnya menjadi menurun.

Menghindari Overheating

Cara merawat HP agar awet pada tahap berikutnya adalah sebagai pengguna sebaiknya Anda harus bisa menghindari overheating. Memang semua perangkat elektronik seperti smartphone bisa mengalami masa panas karena kondisi tertentu.

Bagaimana pun itu ketika smartphone sedang kita gunakan, maka mesin maupun baterainya akan semakin memanas. Akan tetapi yang menjadi masalahnya adalah saat panasnya itu sudah berlebihan alias overheating.

Overheating ini bisa terjadi saat panas smartphone atau baterai sudah melebihi batas sampai 35 derajat celcius. Salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan serta menggunakan HP ketika sedang di charge.

Rajin Membersihkan Cache atau Sampah

Untuk cara merawat HP agar awet pada tahapan selanjutnya adalah dengan selalu rajin membersihkan cache atau sampah pada ponsel. Sering tidak kita sadari, saat menggunakan HP tiba-tiba ada aplikasi yang tidak merespon, dan ini dinamakan crash.

Jika sudah seperti ini maka Anda bisa menggunakan metode penghapusan cache untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga harus rajin-rajin dalam membersihkan memori HP setidaknya seminggu sekali saja.

Selain itu Anda juga bisa membersihkan sampah-sampah yang tersimpan di dalam HP sehingga bisa membuatnya menjadi lemot. Oleh karena itu Anda bisa menghapusnya saja agar ponsel bisa berjalan lebih maksimal dan tidak lemot.

Merawat Bodi Ponsel

Pada dasarnya merawat bagian body ponsel adalah salah satu hal yang sangat penting untuk selalu Anda perhatikan. Sebaiknya Anda harus rajin membersihkan bagian body seperti layar maupun casing HP tersebut.

Terlebih jika kondisinya kotor, maka cukup penting bagi Anda membersihkannya dengan menggunakan kain lembut. Anda juga bisa gunakan cairan khusus agar saat ada noda yang membandel bisa langsung hilang.

Beberapa cara merawat HP agar awet seperti langkah-langkah tadi, bisa langsung Anda terapkan sekarang juga. Dengan demikian maka ponsel Anda bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak.

 

Keyword : cara merawat hp agar awet