Widget HTML Atas

Belajar Coding Pemula, Nggak Harus Punya Background IT Loh!

Memasuki era baru 4.0 banyak sekali perubahan terutama dalam bidang teknologi. Pandemi Covid juga membuat banyak perusahaan menerapkan sistem Work From Home atau bekerja dari rumah. Oleh karena itu penting untuk belajar coding pemula agar dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi.

Kenapa sih penting banget untuk belajar coding? Data Engineer atau pekerjaan dunia pemrograman telah dicantumkan sebagai pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat. Hal ini disampaikan oleh DICE dari Tech Job Report tahun 2020. Pertumbuhannya bisa mencapai 50% pada tahun 2019, maka tak heran kalau pekerjaan yang berhubungan dengan coding menjadi "The Next Sexiest Job".

Belajar Coding Pemula Untuk Dapatkan Pekerjaan Impian Bergaji Fantastis

Tingginya permintaan industri saat ini tidak sebanding dengan ketersediaan talenta Programmer yang profesional. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu mempelajari bidang ini. Tak heran jika Programmer atau Data Engineer memiliki gaji yang fantastis meskipun dikerjakan dari rumah. Belajar coding pemula tidak selalu harus mempunyai background IT, meskipun itu akan sangat membantu.

Apa itu Coding?

Sebelum mempelajari lebih lanjut, kamu perlu mengetahui dasar dan pengertian coding. Coding adalah proses membaca dan menulis kode program dan menerjemahkan bahasa komputer menjadi suatu perintah untuk menjadi sebuah aplikasi atau website.

Fungsi utama coding itu sendiri adalah untuk membuat program aplikasi, software atau website untuk komputer atau smartphone. Selain itu coding juga memberikan banyak manfaat positif untuk programmer, antara lain :

- Mengasah logika dalam berpikir

- Meningkatkan kemampuan problem solving

- Melatih ketelitian

- Peluang karir terbuka lebar

- Potensi penghasilan puluhan juta

- Memungkinkan untuk bekerja secara remote

- Bisa bekerja di perusahaan global

 

Bahasa Pemrograman

Nah setelah kita mengetahui apa itu coding dan fungsinya, maka selanjutnya kita perlu mengetahui hal paling penting dalam coding yaitu bahasa pemrograman. Seperti manusia berkomunikasi menggunakan bahasa, contohnya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan masih banyak lagi. Komputer juga mempunyai bahasa untuk berkomunikasi yaitu bahasa pemrograman. 

Bahasa Pemrograman ini banyak sekali jenisnya tergantung kebutuhan. Misalnya Web Developer biasanya menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, HTML, PHP dan CSS. Sedangkan Data Engineer, Data Scientist atau Data Analyst biasanya menggunakan bahasa pemrograman R, Python dan SQL.

Wah ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman. Untuk belajar coding pemula, sebelumnya kamu harus menentukan tujuan belajar coding karena ingin mendalami profesi apa. Hal ini penting agar dalam proses belajar bisa fokus sehingga mampu mendapatkan sertifikasi profesional dan proses belajarnya lebih terarah. Berbagai profesi yang berhubungan dengan coding yaitu Web Developer, Android Developer atau Data Engineer. Yuk kita bahas satu-persatu berbagai profesi ini.

1. Web Developer

Web Developer adalah profesi yang bertugas membuat website. Profesi ini mempunyai peluang yang sangat bagus karena di era semuanya serba online ini banyak perusahaan atau pelaku usaha yang ingin membuat website untuk usahanya. Jika kamu mau belajar coding pemula, maka profesi ini cocok untuk kamu. Dalam dunia profesional, Profesi Web Developer ini sendiri terbagi menjadi 3 yaitu Front-end Developer, Back-end Developer, dan Full-stack Developer.

- Front End Developer

Front End Developer bertanggung jawab untuk membuat website dari segi tampilan. Jadi seorang Front End Developer bertugas mempercantik tampilan website mulai dari menu, tombol interaksi serta meningkatkan pengalaman pengguna saat membuka website. Seringkali Front End Developer menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript. Jika ingin menjadi seorang Front End Developer, kamu harus mempunyai kreativitas dan selera desain yang bagus.

- Back End Developer

Jika seorang Front End Developer mengurusi tampilan website, maka tugas Back End Developer adalah mengatur bagian belakang website yang tidak terlihat oleh pengguna. Contohnya server, penerimaan data, perbaikan fungsi sistem, API, library dan lain sebagainya. Untuk menjadi Back End Developer, kamu harus mempunyai ketelitian dan problem solving yang baik. Hal itu tentu akan kamu pelajari saat belajar coding pemula.

- Full Stack Developer

Seorang Full Stack Developer adalah gabungan dari Front End Developer dan Back End Developer. Untuk menjadi Full Stack Developer kamu harus mempunyai skill tentang manajemen server, API, database, websocket, pemrograman dan struktur website. Selain itu kamu juga harus mempelajari User Experience (UX) dan User Interface (UI).

2. Android Developer

Android Developer bertanggung jawab mengembangkan software atau perangkat lunak berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android. Beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh seorang Android Developer adalah Java, Kotlin, dan XML. Jika kamu sering menemukan aplikasi baru pada smartphone kamu, nah aplikasi itulah yang dikembangkan oleh seorang Android Developer.

3. Data Engineer

Data Engineer bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan desain arsitektur manajemen data. Selain itu Data Engineer juga bertugas memonitor infrastruktur data dalam sebuah perusahaan. Perusahaan besar seperti Gojek atau Tokopedia setiap detiknya menerima jutaan data dari pengguna. Nah tugas dari Data Engineer adalah memroses data tersebut untuk bisa dikerjakan oleh Data Scientist ataupun Data Analyst.

Bagaimana Caranya Belajar Coding Pemula?

Nah kita telah mengetahui profesi yang berhubungan dengan coding dan bahasa pemrograman. Selanjutnya bagaimana caranya jika kita ingin memulai belajar coding untuk bisa mendapatkan skill profesional? Saat ini sudah banyak sekali kursus online yang bisa kamu ambil untuk dapat belajar coding pemula. Ada atau tidak adanya background IT biasanya tidak terlalu menjadi masalah selama kamu mampu mengikuti dan selalu konsisten belajar.

Kursus online untuk kamu yang ingin belajar coding pemula antara lain Coursera, EDX, MIT Open Courseware, Codecademy, Free Code Camp, The Odin Project, Upskill, HackerRank ataupun W3School.

 

Keyword: belajar coding pemula