Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Laptop Supaya Umurnya Panjang

Punya laptop tapi gampang kotor? Penyebabnya pun banyak sekali mulai dari tempat yang berdebu sehingga partikel di lingkungan tempat tinggal kamu. Untuk itu jangan kamu sepelekan hal semacam ini karena dapat memperpendek usia laptopmu, maka sangat disarankan untuk membersihkan laptop secara teratur agar dapat memperpanjang usia laptop kamu. Apa saja cara membersihkan laptop?

Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Era sekarang ini tidak asing lagi dengan yang namanya laptop. Laptop sendiri mempunyai fungsi untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kantor dan masih banyak sekali. Tapi faktanya seorang yang mempunyai laptop harus rutin mengecek kondisi laptop kamu supaya kondisinya tetap baik. 

Hal ini dilakukan agar usia laptop kamu bisa bekerja dengan optimal untuk menopang kebutuhanmu. Untuk mengatasi supaya tetap bekerja maksimal, berikut beberapa cara yang bisa dicoba dirumah.

Membersihkan Casing Laptop

Pertama yang kamu lakukan supaya laptop kamu terlihat bersih dan kinclong yaitu membersihkan casing luarnya. Cara ini dilakukan agar laptop bebas dari debu yang menempel di casing laptop kamu. Pertama harus kamu lakukan adalah menyiapkan cairan LCD cleaner dan kain fiber. Jika tidak mempunyai kain fiber bisa dengan tisu, caranya tinggal kamu semprotkan cairan tersebut ke permukaan body laptop lalu ratakan dengan kain fiber hingga bersih kembali.

Membersihkan LCD

Sering sekali debu dan partikel kecil mudah menempel pada layar laptop kamu. Cara membersihkan laptop bisa dengan menyiapkan cairan LCD Cleaner dan kain lembut atau kain fiber. Ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Caranya kamu matikan laptopnya, lepaskan colokan dari stop kontak, lalu semprotkan cairan ke layar dengan merata. Setelah itu mulai bersihkan dengan kain lembut, usahakan membersihkan dengan kain lembut untuk menjaga layar laptop tidak tergores.

Membersihkan Keyboard

Keyboard sangat mudah sekali berdebu dan kotor. Hal ini disebabkan karena kamu sering menutup kembali setelah kamu menggunakanya. Cara yang kamu lakukan pertama kali adalah mematikan laptop dulu, lalu untuk membersihkan keyboard adalah dengan menggunakan sikat atau vakum kecil untuk menyedot debu dan partikel kecil yang masuk di sela sela keyboard.

Membersihkan Speaker

Jika speaker laptop kamu kedengaran tidak nyaring ketika untuk mendengarkan musik, mungkin kemasukan debu atau partikel kecil yang menempel pada magnetnya. Kalau begitu kamu tidak perlu kuatir karena kamu bisa membersihkannya sendiri tanpa harus ke tempat servis. 

Caranya gunakan vakum setidaknya selama 15 hingga 30 detik. Setelah itu, gunakan kain microfiber yang dibasahi cairan pembersih untuk membersihkan bagian luar speaker laptop. Cara membersihkan laptop di speaker ini bisa kamu coba jika kamu mengalaminya.

Lubang USB

Lubang USB dirancang untuk menerima perangkat eksternal seperti mouse, modem, flashdisk hingga kipas laptop. Lubang USB cenderung kotor dan mudah terkena debu yang berterbangan di udara. Untuk itu kamu perlu membersihkan lubang USB supaya tidak mengalami korsleting saat membaca data.

Cara mudah untuk membersihkannya cukup celupkan kapas ke dalam botol alkohol dan masukan pada kontak USB di port. Hal ini akan membersihkan lubang USB dari kotoran dan debu yang terkumpul di dalamnya.

Setelah dirasa semua sudah bersih jangan lupa untuk membersihkan sampah yang ada di perangkat laptop kamu. Karena sampah yang menumpuk di dalamnya akan memperlambat kinerja laptop kamu. Untuk itu cara membersihkan laptop bisa kamu lakukan dengan aplikasi berikut ini.

Ccleaner

Dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa membersihkan file sampah yang tidak penting dengan mudah. Caranya instal aplikasi Ccleaner, buka aplikasi, klik tombol Run CCleaner yang terletak di pojok kanan bawah. Kamu akan dimintai klik tombol continue, proses cleaning akan berjalan. Setiap proses cleaning akan dimintai sampah mana yang akan dihapus, setelah itu tunggu sampai proses membersihkan selesai.

Disk Cleanup

Ini cara membersihkan laptop paling mudah untuk membersihkan file sampah. Karena kamu tidak perlu menggunakan aplikasi eksternal, caranya adalah Klik file explore, pilih local disk yang akan dibersihkan. Apabila sudah menemukan klik kanan, pilih properties, cari cleanup dan klik, klik semua dan delete, lalu klik ok.

Fitur Run

Dengan memanfaatkan fitur Run. Perlu diketahui Run adalah fitur yang sudah ada pada sistem operasi Windows yang berfungsi  mencari dan membuka sistem yang berada pada windows, berisi folder, program, file dan aplikasi dengan sangat cepat. Cara ini sangat mudah dalam pengaplikasiannya karena tidak ribet dalam membersihkan file sampah di laptopmu.

Hidden File

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan Hidden File. Fitur ini sangat mudah kamu tinggal klik Icon Windows+R, ketika melihat tampilan jendela lalu klik CTRL+A, klik Properties. Lalu jumlah file sampah akan ditampilkan. Langkah selanjutnya kamu tinggal pilih file sampah yang akan dihapus dengan klik CTRL+A, lalu Delete. Sistem ini akan menghapus file kamu secara permanen jadi tidak akan memenuhi laptopmu.

Itu tadi adalah beberapa cara membersihkan laptop dengan mudah supaya laptop tetap dalam kondisi terbaiknya.

Keyword: cara membersihkan laptop