Widget HTML Atas

Kenali Penyebab HP Mati Sendiri dan Solusi Mengatasinya

Ada berbagai masalah yang seringkali dialami oleh para pengguna HP. Salah satunya saat HP mati sendiri. Kondisi seperti itu ternyata biasa terjadi sebab ada beragam penyebab contoh nya seperti memori yang sudah penuh. Penyebab HP mati sendiri memang ada banyak. Tetapi Anda tenang dahulu, ada beberapa cara mudah serta lebih sederhana untuk mengatasinya. 

Simak Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Seiring dengan perkembangan zaman, maka kehidupan semakin jadi lebih gampang. Salah satunya yakni berkomunikasi. Kita semua dengan mudahnya berkomunikasi dengan orang dalam jarak jauh sekalipun hanya dengan menggunakan HP. 

Sebab barang elektronik yang satu ini memiliki banyak fungsi. Tentunya HP bisa Anda bawa kemanapun serta kapanpun dipelukan.Selain itu juga HP sangat membantu dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. 

Walaupun mempunyai  banyak sekali kegunaan tidak jarang HP juga bisa mengalami masalah. Nah, salah satunya yakni mati sendiri. Penyebab HP mati sendiri ini bisa berasal dari berbagai sebab serta terjadi pada HP lama maupun baru. 

HP yang mati sendiri dan tidak mau mengala tentu membuat Anda khawatir bukan. Saat ada banyak pekerja maupun kepentingan HP mendadak mati. Maka dari itu, mari kenali penyebab dari HP mati tiba-tiba berikut ini.

Kondisi Baterai Drop

Jika HP miliki Anda mendadak mati serta tidak dapat dihidupkan lagi, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kondisi baterai yang drop ataupun sudah tidak bagus lagi. Kondisi ini seringkali terjadi pada ponsel yang usianya sudah lama. 

Hal ini ditandai dengan presentasi yang lebih cepat menurun setelah dilakukan pengisian penuh meskipun tidak melakukan kegiatan berat di dalamnya. Kalau baterai drop tapi baterai masih dalam keadaan sehat, Anda hanya perlu mengisi daya kembali selama beberapa jam saja. 

HP secara otomatis akan mati jika daya baterainya melemah atau rendah dan tentu tidak bisa dipakai. Tunggu saja beberapa jam setelah itu periksa apakah sudah dapat berfungsi kembali atau belum. Sebaiknya Anda jangan lakukan cara ini ketika HP dalam kondisi panas. Biarkan dingin dahulu baru coba mengisi dayanya.

Memori Tidak Mencukupi

Memori yang tidak cukup dalam menjalankan operasi beberapa aplikasi bisa jadi penyebab HP mu mati. Jika Anda alami ponsel mati sendiri setelah bermain game berat maupun menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, maka cobalah membatasi jumlah aplikasi yang dijalankan pada satu waktu. 

Hal itu dilakukan supaya HP tetap dapat berjalan optimal dan lancar. Selain itu Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan untuk melonggarkan memori serta biarkan ponsel istirahat setelah beberapa jam lamanya digunakan.

Penggunaan CPU yang Terlalu Tinggi

Penyebab HP mati sendiri bisa terjadi sebab penggunaan CPU yang terlalu tinggi. CPU HP mampu menjalankan beberapa aplikasi di latar belakang. 

Tetapi penggunaan arus yang cukup tinggi dalam jangka waktu panjang oleh suatu aplikasi maka hal itu memerlukan CPU untuk daur ulang. HP bisa cepat rusak dan tiba-tiba mati sendiri. 

Nah, jika Anda memiliki masalah seperti ini masa solusinya bisa mencopot aplikasi serta memulai ulang perangkat untuk memeriksa apakah itu penyebabnya atau bukan. Cara lainnya, Anda juga bisa membekukan beberapa aplikasi serta memulai ulang HP untuk memeriksa apakah masalahnya hilang atau belum.

HP Mencari Jaringan WiFi

Menggunakan wifi terus menerus tentu lebih baik daripada menggunakan data yang akan membuat ponsel drop kehabisan baterai serta lebih cepat panas. Akan tetapi, jika HP secara terus menerus mencari sinyal wifi maka hal itu akan membuat baterainya hp cepat mati. Ketika diperjalanan, lebih baik Anda mematikan wifi untuk mencegah supaya ponsel tidak mencari sinyal yang tidak akan Anda gunakan.

Terlalu Banyak File Sampah

Cache adalah file sampah yang tersimpan secara otomatis oleh ponsel. Kalau file sampah tersebut menumpuk maka bisa memberatkan kinerja dari ponsel. Hal tersebut juga bisa memicu terjadi HP mati sendiri secara tiba-tiba. 

Kalau ini menjadi penyebab HP mati padahal baterainya masih penuh, indikasinya yakni HP akan terasa lebih lemot serta berat sebab bekerja terlalu keras. Nah, solusinya Anda bisa secara rutin membersihkan cache dalam ponsel dengan menggunakan beberapa aplikasi bawaan maupun aplikasi tambahan dengan cara instal sendiri.

HP Overheat

Ketika HP yang sedang Anda gunakan terasa panas maka hal itu menandakan ponsel bekerja terlalu keras. Overheat bisa jadi penyebab HP mati tiba-tiba. Normalnya, suhu HP saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yakni 40 derajat celcius. Kalau lebih dari itu, maka bisa menyebabkan ponsel mati dadakan. 

Beberapa ponsel sekarang ini sudah disertai dengan peringatan jika suhu terlalu tinggi maupun sedang alami overheat untuk cegah risiko terjadi. Penyebab HP mati sendiri seperti di atas juga bisa berdampak konsleting dan hal tersebut dinilai cukup berbahaya jika tidak segera ditangani.

 

Keyword: Penyebab HP Mati Sendiri