Widget HTML Atas

Cara Membuat Facebook Ads

Apakah anda ingin mempromosikan Produk anda di Facebook ?

Apakah anda ingin Produk anda dijangkau oleh banyak orang ? menambah pelanggan baru dan meluaskan cangkupan lebih banyak lagi agar Bisnis anda sukses ? tentunya menambahkan keuntungan lebih banyak lagi.

Langkah yang paling jitu adalah Mengiklankan Produk anda di Facebook, Nah dalam tutorial kali ini kita akan memulai step by step Panduan Marketing Produk anda dengan mudah di Facebook.
fb-ads

Di Facebook, dari waktu ke waktu Peningkatan pemakaian Sosial media ini meningkat secara tajam, hal ini dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan produk anda kepada audiens baru, namun banyak orang yang belum tau Strategi apa yang harus di pakai untuk marketing barang anda disana secara tepat.

1). Membuat Halaman Bisnis anda di Facebook
Langkah yang paling penting adalah membuat Halaman Facebook anda, jika tidak maka anda tidak dapat beriklan untuk memasarkan Produk anda, nah langkah nya pun cukup mudah yaitu anda hanya Login akun Facebook anda lalu Buat Halaman Baru.
buat halaman baru di facebook

Setelah itu anda di arahkan ke Kolom Halaman apa yang akan anda pilih ada 6 pilihan, pilih salah satu yang sesuai dengan konsep yang akan anda iklan kan nanti nya.
  • Tempat atau Bisnis Lokal
  • Perusahaan Organisasi atau Institusi
  • Merk atau Produk
  • Artis atau Tokoh Maasyarakat
  • Hiburan
  • Gerakan atau Komunitas
Misalnya tentang Toko Online atau jasa jual beli maka yang harus anda pilih adalah "Merk atau Produk" hal ini akan memberikan petunjuk kepada audiens baru bahwa Halaman anda adalah Untuk Jual Beli Online.

Untuk nama Halaman usahakan jangan lebih dari 2 (dua) kata, hal ini nantinya agar Audiens baru dapat menghafal Halaman anda dengan mudah.

2). Memulai Mengiklankan di Facebook
nah pada langkah ini ada beberapa cara Teknik yang harus anda pilih untuk mempromosikan nya, tentukan Target anda yang mana lebih pas untuk Halaman anda. pilihan tersebut antara lain :

  • Mempromosikan Halaman Fanspage
  • Mempromosikan Situs Web anda di Fanspage
  • Mempromosikan Postingan anda di Fanspage Facebook
Pilihlah diantara 3 Berikut untuk menentukan Iklan jenis apa yang pantas untuk Produk anda.
metode mempromosikan produk

Contoh : Anda ingin Mempromosikan Produk yang sudah anda Posting di Fanspage Facebook anda, maka pilihlah dengan Mempromosikan Postingan anda di Facebook.

Caranya adalah : Klik Kotak warna Biru bertuliskan Promosi, seperti contoh gambar diatas.

3). Memilih Anggaran Promosi Anda
Jika anda sudah pilih kontak Promosi Produk anda, maka langkah selanjutnya adalah menentukan Anggaran iklan anda.
Misalnya : Wilayah Target, Usia, dan Biaya.
Hal ini Penting untuk anda Targetkan agar produk anda dapat bekerja dengan maksimal, kan lucu jika anda menjual Pakaian Wanita tapi anda Targetkan Untuk Pria.

pilih anggaran dan penargetan yang tepat untuk beriklan

Nah dalam metode ini saya mempromosikan Postingan Produk saya, maka saya menargetkan Pria dan Wanita dengan Umur dari 16 - 30 tahun dengan Harga Tawaran yang lumayan agar jangkauan Promosinya lebih luas.
Note : Semakin besar harga iklan yang akan kita bayar di fb ads maka semakin baik pula jangkauan nya ke pengguna sosial media tersebut, jadi akan membuat produk anda lebih banyak di kenal oleh orang banyak, namun sesuaikan juga dengan Budget anda, jangan terlalu dipaksakan juga.
Jika sudah lalu anda klik kotak Promosikan.

4). Pembayaran
Selanjutnya kita diarahkan untuk Pembayaran iklan, disana ada 2 (dua) pilihan diantara lain :
  • Metode Kartu Debit dan Kredit
  • Melalui Transfer Bank
Anda bebas memilih namun saya anjurkan untuk pembayaran "Transfer" ini lebih cepat respon nya ketimbang kartu kredit yang sedikit rumit. lalu pilih lanjutkan.

metode pembayaran
Setelah itu anda akan diarahkan untuk pembayaran melalui transfer dan Nomer Rekening nya anda bisa langsung Transfer agar saldo anda bisa digunakan untuk beriklan. 
transfer ke rekening agar pemasangan iklan berjalan dengan baik

Jika anda sudah Membayar atau mengisi Saldo anda, maka Pihak Facebook akan meninjau Iklan anda apakah sesuai Syarat dan Ketentuan. nah jika sekiranya sudah disetujui maka Produk anda muncul di halaman beranda yang kita targetkan tadi.
iklan bersponsor aktif
Perhatikan setelah kita memasang iklan, disana terdapat Jutaan komentar, ratusan ribu kali dibagikan, cukup efektif bukan jika kita mempromosikan produk, dan mungkin gak kebayang seberapa banyak Keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.

5). Analisis Peforma Iklan Anda
Lalu bagaimana Menganalisis Iklan anda apakah peforma nya baik di mata pengguna sosial media ?
Yaap ini juga penting untuk mengaudit apakah Program anda lancar dan baik dimata orang-orang penguna sosial media, maka yang anda lakukan adalah menggunakan Tools Analisis Sosial Media yang banyak sekali penyedianya, anda bisa membaca lebih lanjut apa saja sih Tools nya disini : 7 Tools analitics media sosial

Oh iya tampilan Iklan anda nati terbagi menjadi 3 bagian, yaitu tampil di beranda dalam mode Deskop, mode Mobile dan Iklan tambahan disisi kanan tampilan facebook dalam bentuk sebagai berikut :

Newsfeed
dengan iklan mode newsfeed adalah pilihan yang paling menonjol dari bentuk iklan yang lainnya, dikarenakan Barang anda dapat dilihat oleh pengguna di Beranda Facebook nya secara mudah, meskipun ada tulisan Bersponsor namun itu bukanlah masalah besar. 

Iklan Mobile Newsfeed
Mungkin anda juga tahu bahwa saat ini pengguna smartphone sudah hampir dari 80% di dunia penggunanya, bahkan dikabarkan 2017 ini mencapai 2,1 milliar pengguna.
iklan newsfeed tampilan mobile

Namun anda tak perlu khwatir untuk mode ini akan aktif sendiri dalam bentuk mobile jika pilihan iklan anda seperti yang kita bahas sebelumnya tadi

Mode Iklan di sisi kanan

iklan di halaman facebook

Iklan ini akan tampil di sebelah kanan dari halaman beranda Facebook, hal ini akan tampil jika orang menggunakan tampilan window, jika orang memakai ponsel maka iklan ini tidak akan tampil, walau rasanya kurang efektif, namun banyak juga yang berhasil mendapatkan pelanggan baru dengan mode ini.

Tips dan Rekomedasi dalam Menentukan Iklan

Dalam hal ini juga saya memberikan beberapa tips dan rekomendasi iklan apa dan bagaimana bentuk yang paling disukai oleh pengguna :

Iklan Gambar
Jenis iklan ini dapat meningkatkan minat pengunjung untuk berinteraksi dengan iklan anda, namun iklan ini hanya dalam bentuk Gambar, Status dan Video saja, namun pengguna sosial media akan dapat dengan mudah berinteraksi dengan jenis iklan tersebut, alhasil anda dipenuhi dengan komentar, like dan share.
Rekomendasi jenis iklan yang Baik :
  • Maximal 90 Kata 
  • Rasio Gambar 1 : 1
  • Ukuran Gambar 1200 x 1200 pixel

Iklan Menyukai Halaman
Jenis iklan ini adalah bertujuan untuk menambah lebih banyak lagi Menyukai Halaman Fanspage anda di Facebook, dengan melibatkan pengguna meyukai halaman anda agar dapat berinteraksi lagi lebih lanjut untuk produk yang anda tawarkan di postingan selanjutnya.

Namun tak hanya kepada Produk saja yaa, kalo agan punya fanspage Pribadi buat nambah-nambah Followers juga bisa kok biar makin keren. hehe

Rekomendasi Tampilan
  • 90 Huruf
  • Rasio Gambar : 2.7 : 1
  • Spesifikasi Gambar : 1200 x 444 Piksel

Iklan yang mengarah ke Halaman Website anda
nah dalam mode ini adalah agar pengunjung dapat melihat semua Produk anda secara langusng di web, juga dapat meningkatkan Traffik atau lalu lintas web anda, namun yang paling banyak pengiklan adalah kepada situs Media.
 nah tampilan yang bagus adalah sebagai berikut :
  • Judul maksimal 500 karakter
  • Domain Halaman Web anda : 1 baris
  • Keterangan maksimal 3 Baris
  • Rasio Gambar : 1,90 : 1 
  • Ukuran gambar dalam iklan : 470 x 246 piksel

Iklan Applikasi
Jika Target anda adalah untuk mempromosikan Applikasi agar pengguna dapat dengan mudah mengunduh applikasi tersebut, maka anda harus perhatikan bahwa untuk mendorong pengguna agar dapat meng instal applikasi anda, maka saya rekomendasikan Tampilanya dengan sebagai berikut : 

  • Tampilah dalam Bentuk Video Menarik
  • Judul : 1 line
  • Nama Applikasi : 1 line
  • Aspek rasio Video/Gambar : 1,91 : 1
  • Tampilan menu seperti : Instal sekarang, Gunakan Applikasi, Mainkan Permainan ini.
  • Kalau bisa Tampilkan Ranting 
  • Tidak lebih dari 20% teks
Sebenarnya masih banyak lagi mode iklan yang fungsinya beda dari yang lain, namun saya rasa 4 mode tersebutlah yang paling banyak diminati oleh Advertiser dan di sukai oleh pengguna sosial media. berikut langkah panduan dan tips beriklan di Facebook.

Jika sekiranya masih Bingung dan ada pertanyaan silahkan Komentar di bawah - Terima Kasih.