Widget HTML Atas

Menyimpan Data Gunakan Database MySQL (pengertian)

Gunanya MySQL di dalam sebuah Website
Pertamanya kita harus tau sebuah Mysql adalah sebuah server database open source yang banyak pemakainya atau lumayan populer digunakan, MySQL pada umumnya dipakai bersamaan dengan script PHP untuk membuat aplikasi server yang dinamis dan power full tentunya.
database mysql


Dalam langkah ini kita akan memahami satu persatu tentang Database Mysql dengan sebagai berikut :

Database Adalah :

Sebuah database adalah sebuah struktur yang pada umumnya dikategorikan dalam 2 hal, Sebuah database flat dan sebuah database relasional.
Database relasional lebih disukai dikarenakan lebih mudah memahami dan masuk akal di bandingkan pada database flat, Nah MySQL adalah sebuah database relasional.
database

Pada database yang memiliki struktur relasional ada bentuk table table yang menyimpan data. Setiap tabel terdiri dari kolom dan baris, Sebuah kolom mendenifisikan jenis informasi apa yang akan kita simpan nantinya.
Kita juga akan memerlukan kolom khusus untuk setiap jenis informasi yang inggin kita simpan nantinya misalnya saja (umur, alamt tinggi dan lain2).
Kalau kolom mendenifisikan jenis informasi apa yang akan kita simpan maka sebuah baris adalah data aktual yang disimpan, Setiap baris dari table adalah masukan dari table tersebut dan berisi nilain nilai untuk setiap kolom table tersebut.
Contoh saja : wavker: umur 25 tahun, 60 kg dan 165 cm, Jika pembatasan database ini memingungkan buat agan jangan putus asa selanjutnya kita akan belajar contoh table dalam tutorial MySQL selanjutnya.

Mengapa kita menggunakan Database ?

Database natinya akan sangat berguna saat kita perlu menyimpan informasi yang dikategori secara logis, Contoh nya saja kita ingin menyimpan suatu informasi karyawan di dalam perusahaan. Dengan database kita juga bisa menggelompokan berbagai hal bisnis menjadi beberapa tabel.

SQL

SQL (dibaca "ess-que-el") merupakan kependekan dari Struktur Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan sebuah database.
SQL yang artinya

Sesuai dengan ANSI, SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional.

Statemen SQL digunakan untuk melakukan untuk melakukan tugas tugas seperti melakukan update ke database, atau mengambil data pada data base, atau bahasa enak nya bekomunikasi dengan sebuah Database.

Data Base  relasional yang menggunakan SQL dan cukup ngetop adalah :
- MySQL
- Oracle
- Sybase
- Microsoft SQL Server
- Access
- Ingres
- ETC

Meski sebagian besar sistem database menggunakan SQL namun pada sebagian besar dari mereka juga memiliki ektensi khusu yang hanya bisa digunakan di sistem masing masing, Namun demikian, perintah standart SQL seperti SELECT , INSERT , UPDATE , DELETE, CREATE, DROP, dapat digunakan untuk melakukan hampir semua hal yang perlu dilakukan terhadap server database.

Tutorial MySQL ini akan mengenalkan agan pada penggunaan dasar dari perintah perintah tersebut, agan bisa praktek langsung dan menginstal MySQL atau database lain dari komputer agan.

Ok dalam Tutorial kali ini MySQL berikutnya akan mencoba mengenal istilah yang sangat penting dalam SQL yaitu pengenalan Query.

Cara Berinteraksi dengan MySQL - Query :

.Perlu diperhatikan Query MySQL merupakan senjata utama anda dalam berkerja  sehari hari yang pada umum nya menggunakan Database, pelajari dulu Query MySQL lanjut :
Query adalah sebuah mekanisme utama untuk mengambil informasi dari database dan berisi pertanyaan yang disampaikan kepada database dalam pada bentuk tertentu.
 Berikut penjelasan nya :
QUery merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan berbagai perintah yang kita sampaikan ke MySQL untuk mengambil data, Nah setiap perintah melakukan beberapa hal terhadap database MySQL.
Sebagai contoh perintah Query MySQL CREATE akan membuat table dan database MySQL SELECT akan memilih baris yang sudah pernah anda sisipkan dalam database, Kita akan mendalami secara detail nantinya, Namun untuk tahap awal kita akan mencoba medalami secara detail di potingan selanjutnya.

Selanjutnya adalah apa hubungan query denganPHP, yang salah satu perintah fungsinya  utama dalam PHP untuk mengambil data adalah mysql_query.
Konstruksi atau sintaksquery MySQL dimulai dengan salah satu perintah Berikut :
- Add
- Drop
- Create
- Insert
- Select
- Update
- Replace
- Delete.

Query MySQL memiliki banyak kelonggaran dalam penulisan nya, spasi dan enter tidak terlalu diperhatikan dalam penulisan nya, artinya jika nantinya kita terjadi salah tulis spasinya kebanyakan tidak akan menjadi masalah.

Oh iya, pada umumnya kita bisa menggunakan Query MysQL ini untuk database apapun yang berbasis SQL namun demikian, beberapa jenis database memiliki beberapa perintah yang berbeda beda.