Widget HTML Atas

Mengapa perlu ada HTML5 dan CSS3

Mungkin sebagian dari kita punya pertanyaan, buat apa sih ada HTML5, bukankah dengan HTML4 sudah bisa bikin sebuah halaman website?

Mari kita lihat sedikit latar belakang yang mendasari perlunya HTML5 :
Tau tim Barners-Lee ? dia yang membuat versi pertama HTML yang kemudian terus dikembangkan awal tahun 1990 an, menurut saya salah satu kelebihan utama HTML temuan Barners Lee adalah adanya Hyperlink.
dari html5

Hyperlink ini membuat dokumen bisa kita saling terhung via internet tanpa harus memerlukan verifikasi apakah linknya valid atau tidak, Jika link di klik dan halaman yang bersangkutan tidak ditemukan, Maka pengunjung akan mendapat pesan kesalahan, Hal ini membuat proses menghubungkan antar dokumen menjadi sangat mudah.

Namun demikian, HTML mengalami banyak pada perubahan dan dalam kurun era 1990 an mengalami 4 kali perubahan besar menjadi HTML4, Apa yang dibuat oleh orang tersebut di tahap awal sudah berbeda dengan versi HTML4 tersebut, Misalnya saja tahap awal, sang penemu tidak terlalu memperhatikan masalah desain.

pengertian html5 dan css3

Nah, sejak tahun 1997 hingga lebih 10 tahun tidak ada perubahan versi lagi disisi lain tantangan yang harus dipenuhi layanan website saat ini sudah jauh berbeda, Contoh saja kebutuhan yang berbeda dengan interaktifitas, dan layanan multi media.
Dengan berkembangnya Web 2.0 layanan web harus menarik, interaktif dan mudah digunakan. Coba pikirkan mengapa layanan web 2.0 saat ini seperti Facebook dan Twitter berkembang pesat ?

Karena selain bisa mensimulasikan kehidupan sosial sehari hari melalui internet, orang juga mudah menggunakan nya, sehingga siapapun dia walaupun tanpa latar belakang tech geek bisa dipakai.
Layanan web 2.0 bisa berkembang dengan cepat dikarenakan mensimulasikan kegiatan sosial sehari hari kita, mudah digunakan dan interaktif.
Mudah dipakai dan interaktif, dua hal tersebut yang membuat layanan web bisa sangat cepat berkembang menjangkau seluruh lapisan masyarakat,
Lah, bukan nya web yang ada sekarang bisa interaktif dengan menggunakan javascript?.
Yaa, memang saat ini sudah banyak teknologi yang bisa membantu interaktifitas sebuah website, seperti Flash dan Javascript, Namun dengan HTML5 kita bisa menggunakan nya dengan lebih sederhana.

mengapa penting html5
Sebagai contoh saat kita ingin membuat form entry data yang bisa melakukan pengekcekan format alamat email, Pada saat itu kita perlu melakukan verifikasi alamat email kita ingin mengecek keberadaan tanda @ pada alamat email yang diinput pada form, Kita bisa melakukan halaman tersebut dengan bantuan Javascript ataupun PHP.
Javascript jika kita ingin melakukan verifikasi di sisi client, dan PHP jika ingin melakukannya di server.

Jika kita ingin melakukan verifikasi tersebut di sisi client, kita bisa menggunakan HTML5, dengan cara jauh lebih baik dan sederhana, karena HTML5 menyediakan berbagai jenis field input form termasuk email, Dengan mendinifikasikan jenis field termasuk sebagai email, maka ketika form menerima data input alamat email, maka browser akan secara otomatis melakukan pengecekan tanpa perlu membuat javascript yang panjang untuk melakukan hal yang sama.


Untuk memahami penting nya HTML5 kita perlu mengetahui apa saja perubahan yang ada antara HTML4 dengan HTML5 yuk lihat secara umum, Kita bisa kelompokkan perubahan yang dibawa HTML5 kedalam  kategori :
  • Struktur Halaman
  • Presentasi Visual
  • Tools Grafis
  • Support rich media, 
  • Peningkatan suppor Javascript

Hal tersebut mirip dengan perubahan yang disebukan dalam situs resmi tentang HTML yaitu w3schools.com , Situs tersebut menyebutkan bahwa perubahan yang dibawa HTML5 meliputi :
  • Adanya Elemen Baru
  • Adanya Atribut Baru
  • Dukungan penuh terhadap CSS3
  • Video dan Audio
  • Graffik 2D/3D
  • Penyimpanan Lokal
  • Database SQL lokal
  • Aplikasi Web
Nah seperti apa Hubungan diantara pejelasan kedua tersebut, berikut saya sampaikan secara singkat :
Struktur halaman Artinya : bahwa struktur halaman web HTML5 lebih mudah dipahami secara sitematik oleh search engine, Hal ini didukung dengan adanya elemen dan atribut baru dalam HTML5.
Misalnya saja Search Engine bisa mengetahui mana bagian header, Artikel, navigasi, bahkan nilai uang dalam sebuah halaman web berdasarkan Tag nya, Dengan cara ini, kita di search engine bisa lebih mudah mengelompokan informasi dari berbagai website secara terstruktur.
Itu artinya HTML5 sudah mendukung semantic web.
hubungan css dan html5

Presentasi Visual ditingkatkan dengan CSS3, CSS3 membawa perubahan pada pengelolaan font, animasi dan mobile untuk urusan Grafis, HTML5 memungkinkan kita membuat gambar langsung dalam format SVG maupun CANVAS. HTML4 hanya berbasis pixel seperti JPEG dan GIFF. Support untuk rich media ditunjukkan HTML5 dengan munculnya tag video dan audio yang bisa mensupport beragam format, Tanpa perlu Flash.
Terakhir peningkatan support Javascript, ada beberapa fitur menarik yang muncul pada HTML5 seperti localstorage dan geogolocation.
Dengan peningkatan support javascript tersebut kita bisa membuat berbabgai aplikasi berbasis web yang memiliki kemampuan layaknya aplikasi biasa yang berjalan diatas operasi sistem.

Berita baiknya adalah secara terstruktur, penulisan halaman, tidak terlalu banyak perbedaan antara HTML5 dengan versi sebelumnya, sehingga kita tidak perlu mempelajari lagi tentang penulisan tag HTML5, Namun bagi anda yang sudah menggunakan HTML4 mungkin sudah merasakan bahwa sebagian tag HTML yang usang, jarang dan bahkan tidak pernah digunakan, atau tidak terlalu memberikan manfaat.
 Nah makanya dihadirkan lah HTML5 memperkenalkan beberapa tag baru yang diharapkan lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini dan menghapus support untuk beberapa Tag HTML lama.

Nah untuk selanjutnya kita akan mempelajari dan melakukan Praktek HTML5 dan daftar Elemen baru HTML5