Widget HTML Atas

Dampak dari Algoritma Google Panda

Beberapa pekan yang lalu kita tahu Bahwa Algoritma Google telah update walau belum di informasikan oleh pihak google dari artikel kita sebelum nya Baca disini : Google Freed.

dan setiap perubahan Algoritma Google yang membuat situs kita menurun, dan pada waktu itu juga kita harus memahami bahwa setiap pembaharuan Algoritma google ada kaitan nya dengan pembaharuan sebelum nya, nah untuk itu kita ambil pelajaran dari setiap dampak situs kita menurun, apa saja sih pembaharuan dari Algoritma google salah satunya Algoritma panda dan bagai mana cara tips mengantisipasi nya  :

alogaritma google panda dampaknya

Panda

Pertama kali di rilis : 24 Februari 2011
Pembaharuan : Bulanan
Akibat : Penalty
Target : Situs DE-RANK yang isi konten nya berkualitas rendah
Google Panda adalah Algoritma yang digunakan untuk menetapkan nilai kualitas konten kita, ketika sebuah situs kita menurun maka hal ini disebabkan konten kita isinya dalam kualitas rendah, Konten Spam, dan Copas, Panda adalah sebuah Filter bukan bagian dari Algoritma Google, namun pada bulan januari 2016 secara resmi dimasukan dalam algo peringkat, Setiap peluncuran panda baru berati bahwa situs kita ketika terperangkap google panda dan menjadi penurunan ranking, pada saat masa tersebut banyak pengguna situs yang terperangkap dan banyak juga yang melarikan diri sebelum terkena dampak hukuman nya.

Bahaya nya Panda

Google walaupun tidak mengungkap kan pastinya seperti apa Algoritma panda ini tapi ada beberapa yang meyakinkan faktor-faktor pemicu Situs kita terkena dampak dari Panda :
  • Konten yang Terduplikat
  • Plagiat / Copas
  • Isi konten sedikit
  • Spam
  • Keyword Stuffing
  • Pengalaman Pengguna yang Buruk
Untuk memerikasa apakah kita terkena, agan bisa menggunakan banyak tools dari rekomendasi di pencarian google, yang menyebakan peforma situs kita menurun.

Permasalahan

Jika situs kita traffik nya menurun langkah yang harus kita ambil dari perangkap panda adalah memahami Faktor-Faktor dari Perangkap panda tersebut, seperti Copas, konten duplikat dan sebagainya.
Panda adalah bagian dari inti Algoritma Google, kurangi dan ubah dari faktor yang kita bahas tadi, dengan begitu mungkin anda bisa keluar dari perangkap panda dalam waktu beberapa minggu.

Cara Detail Memperbaiki

Periksa apakah situs anda terduplikat konten
Salah satu pemicu dampak dari terkena dari perangkap panda adalah Jika kita mempunyai situs besar mungkin mempunyai puluhan artikel, sangat disarankan untuk meng audit agar tidak terjadinya duplikat atau masalah lainya.

Jalan Keluar

1. Setiap kali anda membuat sebuah postingan, pastikan dalam satu mode url saja, tidak sama dengan url postingan lain, Jika anda telah tak sengaja terduplikat halaman, maka salah satunya cara adalah dengan memblokir halaman dengan Robot.txt atau dengan meta noindex.

2. Periksa apakah dalam tulisan kita plagiarisme
Duplikasi ini juga pemicu terperangkap panda, jika anda berpikir beberapa konten kita tidak bermasalah ketika terduplikasi dengan halaman lain, cobalah Tools Copyscape disana kita akan melihat artikel kita sama dengan siapa aja.

 3. Meperthatikan Banyaknya Kata dalam sebuah Postingan
Kata dalam sebuah postingan bisa berdampak buruk dan terperangkap panda, yang isinya dimana sebuah konten tidak memadai dalam sebuah situs, banyak orang yang hanya memberikan sedikit nilai dalam sebuah postingan.
Maka langkah yang baik adalah dengan memperbaharui postingan agan yang sedikit isi lalu tambah beberapa kata agar sebuah postingan memadai.

4. Periksa Situs pada Kata Kunci nya 
Isian pada kata kunci adalah istilah yang digunakan untuk mengovermasi, elemen tertentu untuk kata kunci, untuk mencari tahu apakah ada masalah dalam pada isian kata kunci pada halaman kita, untuk melihat saingan dalam kata kunci Rekomendasi sih Seo Powersuite agan bisa search di google, pilih aplikasi Software Website Auditor cara ini lumayan cukup praktis.

5. Memperbaiki masalah sesegera mungkin
Memperbaiki masalah dari dampak Google panda, lakukan dari dini hari, audit selalu isi situs kita, peforma situs kita agar bisa keluar atau mencegah dari Google panda.

Berikut cara dan jalan keluar untuk permasalahan perangkap google panda, Oh iyaa, untuk selanjutnya kita akan membahasa tentang alogaritma lainya seperti :
  • Penguin
  • Hummingbird
  • Pigeon
  • Mobile Update
  • RankBrain
Kenapa kita harus membahas Algoritma tersebut ? Tentunya sebagai pembelajaran untuk peforma situs kita agar tidak berdampak buruk di kemudian hari, Pelajari apa saja yang menjadi dampak buruk pada situs kita dan mencoba memperbaiki sesegera mungkin, pasti dalam waktu singkat Rank situs kita akan meningkat.