Widget HTML Atas

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya yang Terbaik

Pernahkah HP Anda mengalami lemot, dan tidakkah ingin segera mengatasinya?  Maka dari itu Anda harus mengetahui penyebab HP lemot.

Lemotnya HP sering terjadi seiring berjalannya waktu dan pemakaiannya. Hal itu tentu sangat mengganggu saat sedang menggunakan HP. Oleh karena itu HP yang lemot harus segera diatasi.

Hal-Hal yang Menjadi Penyebab HP Lemot

Ketika hendak mengatasi HP yang lemot, Anda harus mengetahui penyebab lemotnya  dahulu. Nah, dibawah ini adalah beberapa penyebab HP menjadi lemot. Berikut diantaranya:

1. Ruang Penyimpanan yang Penuh

Penyebab paling umum lemotnya HP adalah penuhnya ruang penyimpanan. Banyaknya video, foto, file dan aplikasi dapat membuat memori internal penuh sehingga HP dapat menjadi lemot. Android maupun iPhone memerlukan ruang penyimpanan yang lega agar kinerja HP dapat berjalan dengan lancar.

2. Banyaknya Aplikasi yang Aktif

Menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan juga dapat menjadi penyebab HP lemot, apalagi jika Anda tidak langsung menutupnya. banyaknya aplikasi juga dapat menguras kapasitas RAM. RAM yang terlalu penuh juga dapat menjadi penyebab lemotnya HP.

3. RAM Penuh

Ram penuh juga merupakan penyebab utama HP lemot. RAM itu sendiri berfungsi untuk penyimpanan data sementara serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja ketika HP tersebut hidup atau sedang dioperasikan. Kapasitas RAM juga sangat berpengaruh pada kecepatan proses data di HP tersebut.

4. Penggunaan Widget yang Berlebihan

Selain banyaknya aplikasi yang dibuka, penggunaan widget juga bisa menjadi penyebab HP lemot. Banyaknya aktivitas refresh dan widget juga dapat mempengaruhi kapasitas RAM dan HP pun menjadi lemot.

5. Kualitas Memori Eksternal

Selain memori internal, masalah dalam memori eksternal juga dapat menyebabkan hp lemot. Masalahnya bukan ada pada kapasitas memorinya, melainkan pada kualitas memorinya. Memori eksternal yang rendah dapat menyebabkan HP berjalan lebih lambat. Hal ini dikarenakan dengan rendahnya kualitas memori menyebabkan RAM bekerja lebih keras untuk membacanya. Semakin rendah kualitas memorinya maka semakin lambat pura dibaca RAM.

6. Cache yang Menumpuk

Cache adalah data yang disimpan sementara di memori HP ketika Anda menggunakan sebuah aplikasi. File cache ini berisi jejak penggunaan aplikasi di HP. Setiap aplikasi memiliki cachenya sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Cache yang menumpuk dan tidak pernah dihapus dapat menjadi penyebab lemotnya HP.

7. Masalah Baterai

Usia baterai juga dapat mempengaruhi kinerja HP. Kinerja baterai dapat menurun seiring berjalannya waktu. Kondisi baterai yang sudah buruk bisa menjadi penyebab lemotnya HP.

8. Software tidak Diupdate

Penyebab HP lemot selanjutnya adalah software yang tidak diupdate. Software yang tidak diperbarui secara berkala dapat menjadi penyebab HP  menjadi lemot. HP yang dijalankan pada versi yang lebih lama akan menjadi lambat seiring waktu. Hal ini dikarenakan oleh pembaruan terus-menerus dari aplikasi yang dapat menghasilkan masalah ketidakcocokkan dan dapat memeperlambat kinerja perangkat.

9. Aplikasi tidak Terupdate

Selain software, aplikasi yang tidak rutin di update juga dapat menyebabkan HP lemot. Seiring waktu, aplikasi akan memakan lebih banyak RAM, sehingga kinerjanya terasa lebih lambat.

Cara Mengatasi HP lemot

1. Restart HP

Merestart HP dapat menjadi langkah yang mudah untuk mengatasi penyebab HP lemot. Merestart HP dalam beberapa saat dapat memperbaiki berbagai masalah kinerja.

2. Periksa Pembaruan

Pembaruan sistem operasi sering berisi perbaikan untuk masalah yang mungkin memperlambat HP, seperti proses latar belakang. Jika tersedia maka lanjutkan dan perbarui sistem operasi HP.

3. Periksa kekuatan sinyal Wifi atau Jaringan.

Terkadang HP lemot bukan karena HP yang lambat tetapi juga bisa karena koneksi yang kurang lancar. Karena itu periksa koneksi dan alihkan ke jaringan Wi-Fi lain atau pindah ke lokasi lain.

4. Uninstal Aplikasi

Cara mengatasi penyebab HP lemot selanjutnya adalah dengan uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi atau aplikasi yang paling banyak menghabiskan ruang. Selain itu, Anda juga dapat menghapus foto, video, atau file yang tidak diperlukan lagi.

5. Hapus Data Cache

Terkadang cache hanya berisi data yang tidak penting, oleh karena itu sebaiknya cache dihapus secara rutin.

6. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Anda dapat memanfaatkan penyimpanan cloud untuk mengurangi ruang penyimpanan. Caranya dengan mencadangkan HP menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, Google Foto, iCloud dan lain sebagainya.

7. Setelan Pabrik

Jika cara-cara menangani HP lemot diatas tidak berhasil, Anda dapat menyetel ulang HP ke setelan  pabrik. Jangan lupa untuk selalu mencadangkan data terlebih dahulu, agar data tidak hilang.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyebab HP lemot. Sangat mudah bukan? Jadi ketika suatu saat HP Anda menjadi lemot, Anda tidak perlu bingung karena ada cara yang mudah untuk mengatasinya. Anda tinggal mencoba cara-cara diatas, selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Keyword: penyebab HP lemot