Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Layar HP Retak Jangan Buru-Buru Ganti, Begini Solusinya!

Cara mengatasi layar HP retak tidak melulu harus menggunakan jasa tukang service. Anda bisa kok memperbaiki sendiri kerusakan tersebut.

Layar HP memiliki nilai utilitas tinggi. Fungsi paling esensi adalah sebagai media untuk menunjukkan berbagai informasi kepada para pengguna. Akan tetapi, di balik fakta nilai gunanya, layar HP justru merupakan bagian yang paling riskan retak dan rusak.

4 Cara Mengatasi Layar HP Retak Anti Ribet dan Praktis

Seiring berkembangnya zaman, ponsel dengan keypad fisik sudah jarang digunakan. Kini berbagai produk android sudah berbasis touchscreen. Umumnya, layar HP berbahan kaca, sehingga Anda harus ekstra hati-hati menggunakannya.

Keretakan HP bisa saja terjadi karena jatuh atau mendapatkan tekanan saat Anda menyimpannya. Hal tersebut sudah pasti menjadi hal yang menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas Anda. Tanpa buru-buru datang ke teknisi, cobalah 4 cara yang akan diulas berikut ini sebagai upaya memperbaiki keretakan layar tersebut.

Gunakan Tempered Glass

Cara mengatasi layar HP retak yang pertama, bisa Anda terapkan jika gejala keretakan cukup ringan, yakni dengan memasang tempered glass. Hal ini bertujuan untuk menghindari benturan yang mungkin saja akan terjadi lagi pada android yang telah retak tersebut.

Usahakan tempered glass yang dipilih sesuai dengan seri android yang Anda gunakan, kemudian aplikasikan dengan rapi. Cara ini juga bisa digunakan saat Anda membeli ponsel baru  sebagai upaya pencegahan awal layar retak sejak dini.

Gunakan Odol atau Pasta Gigi

Cara mengatasi layar HP retak dengan menggunakan pasta gigi terbilang cukup mudah. Sebelum memperbaikinya, sediakan tisu kering, odol, dan sikat gigi.

Langkah mudahnya adalah bersihkan terlebih dahulu layar yang hendak diperbaiki dengan tisu kering. Selanjutnya oleskan pasta gigi di area retak tersebut.

Gunakan pasta gigi untuk menggosok area tadi. Terakhir, gunakan tisu kering untuk membersihkan sisa pasta gigi dari layar ponsel. Bagaimana, mudahkan?

Memakai Lem Besi

Salah satu lem yang dapat dipakai untuk mengatasi layar HP retak adalah lem besi. Cara  ini dinilai simpel dan ekonomis.

Persiapkan juga bahan pelengkapnya yaitu plastik bening yang telah dipotong sesuai ukuran layar, penggaris, tisu basah, dan kering. Langkah mudahnya adalah bersihkan dulu layar HP yang retak dengan tisu basah kemudian lap menggunakan tisu kering.

Sapukan lem besi pada area layar yang retak.  Lalu tempelkan plastik bening. Lepaskan plastik perlahan-lahan.

Selanjutnya, bersihkan lem besi dari layar ponsel dengan cara mengerok menggunakan penggaris yang telah disiapkan tadi. Terakhir, bersihkan dengan tisu basah dan lap menggunakan tisu kering. Nah, kini layar HP kamu sudah kembali sempurna.

Gunakan Kabel USB OTG

Cara menghilangkan retak pada layar HP berikutnya adalah memanfaatkan fitur OTG. Namun, Anda harus memastikan terlebih dahulu terkait ponsel pintar Anda memang sudah memiliki fitur tersebut.

Saat Anda menggunakan fitur OTG, maka akan memudahkan navigasi layar HP, membuka kunci layar, atau bahkan menjalankan berbagai aplikasi tanpa menyentuh layar ponsel. Cara menggunakannya adalah sambungkan Kabel USB OTG, kemudian colokkan mouse wireless ke adaptor USB OTG.

Pastikan mouse terhubung ke perangkat dengan sempurna. Nah, sekarang Anda bisa menjalankan semua operasi aplikasi dari layar HP rusak tanpa menyentuhnya.

Adakah Pengaruh Layar HP Retak untuk Kesehatan?

Daripada mengganti dengan yang baru, cara mengatasi layar HP retak di atas memang lebih mudah dan irit. Namun, tahukan Anda jika keretakan layar android meski masih bisa digunakan, akan berbahaya bagi kesehatan?

Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang bisa saja dialami pengguna layar HP yang  rusak.

·        Gangguan pada mata. Merupakan indra penglihatan yang paling sering menatap layar ponsel, maka wajarlah bila mata pengguna ponsel akan mengalami gangguan. Hal ini disebabkan karena saat melihat layar pasti tampak tampilan yang terbagi-bagi dan tidak dapat melihat secara utuh. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka bisa dipastikan Anda akan mengalami gangguan mata minor yang cukup mengganggu.

·        Jari tangan terluka. Layar yang pecah atau retak bisa melukai jari penggunanya. Terlebih jika ponsel sering digunakan untuk bermain game. Lakukan cara mengatasi layar HP retak yang telah diulas sebelumnya sebagai langkah awal memperbaiki. Jika kondisi retak layar cukup parah, pergilah ke gerai servis ponsel terdekat.

·        Radiasi ponsel lebih besar. Seperti yang kita ketahui bahwa radiasi android akan mempercepat pembentukan neoplasma yang berasal dari sel-sel yang tidak wajar, seperti sel kanker. Bahaya radiasi HP saat tidur juga akan menyebabkan gangguan sistem saraf tubuh hingga otak. Nah, retaknya layar pada ponsel akan membuat radiasi yang ditimbulkan lebih besar sehingga mengganggu kesehatan Anda. Bahkan radiasi yang berasal dari pancaran layar android retak berisiko 2 kali lipat.

Cara mengatasi layar HP retak yang paling aman adalah menggunakan jasa teknisi di gerai HP kepercayaan Anda. Akan lebih baik jika berhati-hati menggunakan android pintar Anda.

Keyword: Cara mengatasi layar hp retak