Widget HTML Atas

Penyebab Laptop Lemot Ini Wajib Kamu Hindari

Tentunya kita harus tahu penyebab laptop lemot, apalagi jika Anda perlu menggunakan laptop setiap hari untuk membantu melakukan berbagai pekerjaan hingga melaksanakan sekolah. Sudah pasti, laptop yang lemot menjadi kendala bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan, menyita waktu, sehingga kegiatan yang dilakukan mulai terasa tidak efisien.

Laptop memang sekarang ini menjadi barang elektronik yang harus dimiliki setiap pekerja kantoran maupun pelajar. Namun laptop tidak jarang juga sering mengalami kendala terutama jika laptop kerap digunakan. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah masalah lemot.

Penyebab Laptop Lemot

Terkadang pasti Anda sering merasa kesal saat laptop lemot padahal sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tentunya kendala ini akan sangat menghambat dan menyita pekerjaan Anda, bahkan hal ini bisa membuat kita kesal dan emosi.

Sebenarnya laptop lemot ini bisa terjadi karena beberapa penyebab. Nah sebaiknya jangan dibiarkan, Anda harus segera mencari tahu penyebabnya. Untuk itu, berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi mengakibatkan laptop Anda lemot.

Hardisk Penuh

Penyebab laptop lemot yang pertama bisa terjadi karena hardisk penuh, hal ini pasti akan menghambat aktivitas berbagai sistem operasi laptop. Misalnya saja Windows, sistem ini memerlukan kapasitas yang cukup banyak, sehingga jika kapasitasnya kurang kinerjanya pun akan lambat.

Nah salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus beberapa file yang dirasa tidak perlu dan tidak digunakan. Jangan lupa juga menghapus file cache, atau Anda juga bisa memindahkan beberapa file ke penyimpanan eksternal, sehingga hardisk Anda tidak terlalu penuh.

Ukuran RAM kecil

Ukuran RAM yang terlalu kecil juga bisa menyebabkan laptop Anda lemot, karena RAM berperan penting untuk kecepatan operasi laptop. Apalagi jika Anda sering membuka beberapa aplikasi sekaligus, hal ini pasti akan menyita banyak ruang penyimpanan pada RAM.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menambahkan kapasitas RAM pada laptop, namun jangan sembarangan dalam menambah kapasitas ini. Anda juga harus memperhatikan jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan pada laptop Anda.

Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi juga bisa menjadi penyebab laptop lemot, mungkin jika RAM laptop Anda besar hal ini tidak terlalu berpengaruh. Berbeda jika RAM yang Anda gunakan kecil dan Anda membuka beberapa aplikasi sekaligus, hal ini yang akan menjadi masalah.

Karena setiap aplikasi pasti membutuhkan banyak ruang pada penyimpanan, apalagi jika sedang digunakan secara bersamaan. Anda juga harus mewaspadai aplikasi yang sering berjalan pada background. Salah satu solusi yang bisa mengatasi hal ini hanya dengan mengurangi jumlah aplikasi.

Laptop Terkena Virus

Virus juga bisa menyebabkan laptop Anda menjadi lemot. Virus ini biasanya diperoleh jika Anda sembarangan membuka file dari situs yang tidak jelas. Selain itu, kebiasaan sembarangan mentransfer data dengan orang lain juga bisa menyebabkan laptop Anda terkena virus.

Apalagi jika Anda jarang memperbarui pengaman laptop, jika dibiarkan bukan hanya membuat lemot namun virus ini juga bisa merusak perangkat laptop. Makanya ada baiknya jika laptop Anda dilengkapi antivirus yang bisa mendeteksi virus dalam laptop Anda.

Hardisk Sudah Terlalu Lama

Penyebab laptop lemot berikutnya juga bisa disebabkan karena harddisk sudah terlalu lama digunakan, karena perangkat elektronik tidak selamanya bisa digunakan. Seperti halnya dengan barang-barang lain, laptop juga memiliki masa pakai. Semakin menua kinerjanya pun makin berkurang.

Makanya tidak heran jika terlalu lama digunakan perangkat laptop akan menjadi mudah lemot, terutama perangkat seperti hardisk. Nah, apabila ini terjadi maka Anda harus segera mengganti hardisk agar laptop dapat digunakan kembali dengan baik dan tidak lemot.

Browser Terlalu Berat

Selanjutnya browser yang terlalu berat juga bisa menjadi penyebab laptop Anda lemot. Terkadang pasti Anda membuka browser terlalu banyak. Hal ini meski tidak disadari dapat menyebabkan laptop Anda menjadi lemot, karena hal ini memberikan beban cukup besar pada RAM.

Misalnya saja saat Anda membuka hingga 5 tab dalam browser, maka beban yang ditanggung RAM akan 5 kali lebih besar. Makanya usahakan untuk tidak membuka tab terlalu banyak ketika sedang menjalankan browser, agar meringankan beban RAM.

Jarang Melakukan Update OS

Penyebab laptop lemot berikutnya adalah karena jarang melakukan update OS, padahal penting untuk selalu memperbarui sistem operasinya. Nah jika Anda saja jarang melakukan update OS maka otomatis sistemnya tidak bisa diperbarui, hal ini bisa menyebabkan laptop lemot.

Banyak Temporary Files

Terlalu banyak menggunakan temporary files juga bisa menjadi penyebab laptop Anda mudah lemot, meskipun temporary files ini berguna. Karena bisa digunakan untuk mempercepat akses ke situs yang pernah Anda kunjungi.

Penyebab laptop lemot ini sebenarnya masih bisa Anda atasi dengan cara membersihkan temporary files. Karena temporary files ini akan memakan banyak ruang penyimpanan pada hardisk Anda sehingga bisa mengakibatkan laptop lemot. 

Keyword: Penyebab laptop lemot