Widget HTML Atas

Jangan Bingung Beginilah Ciri HP Disadap dan Solusi Tepat Mengatasinya

Ciri HP disadap perlu diketahui para penggunanya. Jadi bukan hanya para hacker saja yang bisa menguasainya. Hal ini disebabkan karena siapapun punya peluang untuk menjadi target penyadapan.

Di era digital saat ini, penyadapan HP merupakan kejahatan kriminal yang sering terjadi. Hanya saja pelaku penyadapan terkadang adalah oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga merugikan si korban.

Oleh sebab itu, dengan menguasai bagaimana ciri-ciri ponsel yang telah disadap serta mengetahui solusi mengatasinya, diharapkan Anda lebih mawas diri terhadap keamanan data pribadi.

Inilah Ciri HP Disadap dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Meski telah memiliki sistem perlindungan yang canggih sekalipun, faktanya ponsel pintar milik Anda masih berpeluang mengalami peretasan. Apalagi jika sejumlah file penting atau data krusial disimpan dalam HP, sudah pasti akan membuat Anda resah.

Berikut adalah ulasan bagaimana tanda HP disadap dan solusi mengatasinya. Menariknya Anda bisa melakukannya sendiri.

Volume Suara Naik Turun Saat Digunakan Menelepon

Kenali berbagai aktivitas aneh yang muncul dari ponsel Anda. Sebagai contoh adalah volume suara yang mendadak naik turun saat sedang menelepon. Jadi, saat Anda menjumpai aktivitas ganjil semacam ini waspadalah karena kemungkinan HP Anda sudah disadap.

Cara Mengetahui HP Disadap Melalui Kapasitas Baterai dan Penggunaan Kuota Internet

Sepintas terdengar sepele, namun inilah faktanya. Baterai Android yang cepat panas bisa menjadi tanda adanya penyadapan HP.

Jadi, prinsip kerjanya adalah perangkat lunak yang tidak diundang tetap akan berjalan di background. Hal inilah yang memungkinkan pihak pelaku untuk melakukan penyadapan. Suhu HP yang menjadi cepat panas dan daya rendah dapat menjadi indikator bahaya malware.

Peningkatan penggunaan data seluler juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Bisa jadi hal ini adalah salah satu ciri HP disadap. Sebaiknya lakukan pemantauan secara berkala.

Kuota internet raib dengan cepat disebabkan karena adanya aplikasi yang tetap berjalan di background dan bisa jadi mencuri berbagai informasi di HP. Parahnya lagi informasi yang diambil tadi langsung dikirimkan ke pihak server tanpa Anda sadari. Nah. aplikasi kasat mata inilah yang membuat kuota internet habis tersedot.

HP Tidak Terkontrol

Umumnya, kontrol HP normal berada di genggaman pemiliknya. Akan tetapi jika terdapat kejadian ponsel sering nyala bahkan mati dengan sendirinya disertai berbagai aplikasi yang tiba-tiba saja muncul tanpa seizin pemilik, Anda harus mulai waspada. Bisa jadi kedua hal aneh tersebut merupakan ciri HP telah disadap.

Susah Dapat Sinyal

Saat HP susah mendapat koneksi internet, kemungkinan hal ini adalah ciri HP disadap. Hal ini disebabkan karena saat aktivitas penyadapan, sinyal otomatis akan terputus, terutama jika aktivitas sadap dilakukan jarak jauh.

Pesan Masuk Selalu Sudah Terbaca

Jika Anda mengalami status pesan masuk yang sudah terbaca padahal Anda belum membukanya, inilah ciri  HP telah disadap. Pesan masuk tersebut telah dibaca oleh penyadap.

HP Lemot

Ciri-ciri susah dapat sinyal, baterai cepat habis dan panas, serta aplikasi yang dipasang terlalu banyak meski Anda tidak menginstalnya adalah faktor penyebab performa HP menurun. Sebaiknya lakukan pendeteksian lebih lanjut. Jika memang ada aktivitas penyadapan, segera atasi hal tersebut.

Cara Menghentikan HP Disadap

Setiap orang sudah pasti menginginkan data pribadi yang disimpannya dalam kondisi aman. Jika Anda mengalami salah satu ciri HP telah disadap yang telah diulas di atas, ada baiknya untuk segera mengambil tindakan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghentikan sadap ponsel milik Anda.

Factory reset. Aktivitas mereset ulang semua perangkat dapat menghapus semua aplikasi termasuk aplikasi tersembunyi pelaku penyadapan. Hal ini akan membuat aktivitas penyadapan berhenti seketika.

Instal ulang semua aplikasi. WhatsApp merupakan aplikasi yang rentan untuk disadap. Segera hapus dan instal ulang aplikasi tersebut saat menjumpai adanya aktivitas aneh di ponsel pintar Anda. Terlebih dahulu aktifkan verifikasi dua faktor dan aktifkan pemindaian sidik jari sebagai upaya menghindari penyadapan yang bisa saja terjadi kembali.

Nonaktifkan akun. Jika aktivitas penyadap tidak bisa dihentikan dengan instal ulang aplikasi, maka cobalah menonaktifkan akun milik Anda.

Perhatikan penggunaan VPN di ponsel. Perlu diketahui bahwa VPN (virtual private network) dapat mengenkripsi jaringan internet yang kita pakai, sehingga besar kemungkinan pelaku penyadap mengambil alih kemudi HP Anda. Gunakan VPN dengan sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan saja.

Deteksi penyadapan dini dengan kode *#21#. Lakukan pengecekan secara mandiri dengan kode tersebut. Hal ini akan memudahkan kita mengetahui apakah HP dalam kondisi aman atau memang sedang disadap.

Gunakan kode *#62#. Kode ini dapat membantu Anda memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding. Jika HP benar-benar tengah disadap, maka Anda harus menghentikan penggunaan kode tersebut.

Gunakan kode #002#. Menekan tombol #002# harus Anda lakukan secepat mungkin setelah mengetahui adanya aktivitas penyadapan. Selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang-orang di sekeliling Anda.

Setelah mengetahui ciri HP disadap dan cara mengatasinya, diharapkan Anda dapat semakin bijak dalam bersosial media. Berhati-hatilah dalam bertindak dan berucap. Mengapa?  Bisa jadi faktor HP disadap oknum tidak bertanggung jawab timbul karena perbuatan Anda sendiri.

Keyword: ciri HP disadap