Widget HTML Atas

Tips dan Cara Memulai Berjualan di Tokopedia

Mungkin sebagian dari anda sudah mengenal Tokopedia, konsepnya sama dengan Pasar Mall yaitu tempat membeli dan menjual barang yang ada di Tokopedia tersebut, perusahaan tersebut sudah didirikan sekitar tahun 2009 dan pastinya situs tersebut adalah situs jual dan beli online Paling Aman di Indonesia.
tutorial memulai berjualan di Tokopedia
Tapi tahukah anda, kita juga bisa menjual barang disana, banyak orang yang membuat akun memulai numpang berjualan lapak, tak tanggung-tanggung kita disediain lapak secara gratis dan support lain nya.
dari beberapa informasi yang saya ketahui banyak yang sukses berjualan disana, karena cakupan nya cukup luas dan mudah untuk belanja disana, akhirnya konsumen (pembeli) banyak berlangganan disana khusus nya orang indonesia.
gambar ilustrasi berjualan di tokopedia

Nah jika anda yang biasanya berbisnis berjualan di ruko, pasar, atau semacamnya maka tidak ada salahnya anda memperluas Produk anda di Tokopedia, dan memulai mendapatkan pelanggan baru. dengan teknologi yang lagi marak sekarang Berbisnis Online adalah langkah utama untuk memulai sukses di dunia karir dan memperoleh banyak keuntungan.'

Jika anda tertarik untuk Bejualan disana maka saya akan pandu step by step untuk memulai mendaftar dan memulai menjual Produk anda, maka sebelum nya anda persiapkan hal-hal berikut :
  • Foto Barang yang akan anda Jual
  • No HP
  • Alamat
  • Foto Profil
  • Akun Email Google, Facebook, Yahoo
  • Jaringan Internet, lah iyo masak gak ada Jaringan sih

Memulai Mendaftar di Tokopedia
Oke-oke selanjutnya kita mendaftar di Tokopedia anda bisa langsung mengunjungi disini : Daftar Tokopedia
anda bisa menggunakan akun, Facebook, Gmail atau email Yahoo untuk bergabung disana nah pada kali ini saya hanya mendaftar biasa saja yaitu memasukan Nama, No HP, Alamat Email dan kata sandi nya, jika sudah lalu kita pilih Daftar Akun.
mengisi data untuk mendaftar di tokopedia

Setelah itu kita akan di arahkan untuk mengisi kode Verifikasi Email dan No HP, anda bisa melihat Kode tersebut di dalam Email yang telah kita daftarkan tadi lalu pilih aktifasi sekarang. dalam kode hp anda bisa lewati atau memilih verifikasi juga lalu pilih Simpan.
aktifasi akun di tokopedia

Nah pada saat ini anda sudah Terdaftar di Tokopedia, dikarenakan Judul Memulai Berjualan Produk maka kita harus menjadi penjual dan memulai berjualan, lalu bagaimana cara mempromosikan Produk nya ? berikut langkah nya.

Memulai Menjualkan Produk anda di Tokopedia

1. Pilihlah menu "Buka Toko" di sebelah kiri dari layar Komputer anda.
buka toko di tokopedia

2. Disana kita akan diminta seperti :
  • Mengisi Nama Domain, (isi dengan nama Toko)
  • Nama Toko (isi dengan nama toko)
  • Slogan
  • Deskripsi Toko
  • Kota Asal
  • Metode pembayaran
  • Metode pengiriman barang nantinya
mengisi informasi toko di tokopedia

Lalu Scroll kebawah hinga ada kotak "Buka Toko" dan selanjutnya kita akan di arahkan ke halaman pengisian produk atau barang yang akan kita jual.
tambahkan barang yang akan di jual
 Untuk lebih mendalam dan mendetail untuk ketentuan dan kebijakan dalam baik pada berjualan hingga ketentuan bertansaksi di tokopedia anda bisa membaca lebih lanjut disini : Term Of Service Tokopedia.
Nah pada saat ini Langkah mendaftar dan Menjual Produk anda sudah benar dan selesai, sekarang ketahap selanjut nya ketika ada Pelanggan yang mau memberli barang, kita akan di beritahukan berupa Notifikasi di dalam akun ketika ada orang yang mau membeli Produk atau barang anda, anda dapat mengencek nya dalam cara sebagai berikut :

Cara Mengetahui Pembeli Memesan Produk Anda
Anda hanya Login ke akun Tokopedia yang sudah didaftarkan tadi, lalu pilih cek Notfikasi dengan memilih gambar kotak surat seperti contoh berikut :
cek notifikasi pembeli

Setelah itu anda dapat chat dengan pembeli tentang apa saja yang dibutuhkan nya, jika anda setuju permintaan pelanggan anda tingal pilih "Respon Pesanan" dan barang siap harus anda kirimkan.
respon pembeli di traveloka
Tambahan : jika permintaan si pembeli tidak cocok dengan ketentuan anda bisa menolak dan nanti anda diminta Alasan Menolak Permintaan Pembeli nantinya.

Bagaimana Menerima Pembayaran di Tokopedia ?
Jika barang yang kita sediakan sudah sampai di tempat pembeli, maka Uang tersebut akan dikirimkan ke rekening anda.
mendapatkan uang dari keuntungan
Jadi konsep nya gini : Pembeli akan mengirim Uang harga barang ke Pihak Tokopedia - lalu setelah barang sampai Pihak Traveloka akan mengirim uang tersebut ke anda.
Hal ini dikarenakan agar tidak terjadinya kecurangan yang dimana dapat merugikan baik itu dari pembeli hingga dari pihak Tokopedia nya sendiri.