Widget HTML Atas

Kenapa Artikel tidak bisa Dibagikan Ke Facebook

Buat teman-teman yang bingung ketika membagikan artikel di facebook tidak bisa share, atau eror atau di tolak oleh Facebook dan Robot Facebook.

Artinya situs tersebut udah di rekam pihak facebook bahwa mengandung unsur Spam, atau belum memasang Id Aplikasi Facebook di dalam HTML situs tersebut, Apalagi kepada situs yang bukan domain TLD seperti :
extesnsi .xyz .cc .top .yoga .club dan sebagainya
Hal ini dikarenakan domain tersebut tidak terlalu di kenal oleh robot facebook, kalo untuk domain.com maka hal ini jarang terjadi. Mungkin ada beberapa dari agan memcoba untuk me refresh namun tetap saja tidak bisa dibagikan ke facebook dan eror maka satu-satunya cara anda bisa melakukan Debug - facebook for developers.
Berikut langkah-langkah nya :

1. Login dengan Akun Facebook anda lalu masuk kesini : Open Graph Debbuger - Facebook for Developers.

2. setelah anda masuk, maka pilih menu "Alat & Dukungan.

3. Pilih di bagian "Alat Debug Berbagi" lalu masukan Url yang akan kita bagikan dan pilih Debug seperti contoh berikut :



4. Selanjut nya pilih "Batch Invalidator" lalu masukan juga Url situs yang ingin anda bagikan.

5. Jika tidak ada maslah maka anda sudah bisa membagikan Artikel tersebut ke Media Facebook.

Jika hal diatas sekiranya anda masih ada masalah untuk membagikan Facebook, maka yang salah adalah Tag Meta Social dalam HTML di situs tersebut tidak ada.
Maka satu-satu nya cara anda harus memasang Tag Meta Social agar Id aplikasi facebook bisa di tampilkan disana, agar anda membagikan artikel ke facebook dan tidak eror lagi.
Berikut Langkah nya :

1. Masuk kesini Developers Facebook

2. Pilih Menu "Mendaftar" dan Daftar dengan menggunakan Facebook utama anda lalu next.


3. anda akan di arahkan untuk mendapatkan ID Aplikasi isi dengan Nama Tampilan anda, anda bisa mengisi dengan nama Author situs anda, jangan lupa juga untuk mengisi kategori situs anda, atau anda juga bisa mengisi dengan nama situs anda contoh gambar berikut :
4. maka kita akan masuk kedalam Dashboard Aplikasi, maka di pojok samping ada nomer ID Aplikasi, Silahkan Copy Kode tersebut.


Jika sudah di copy kdenya, maka langkah selanjutnya kita akan menanam ID tersebut di dalam situs kita, untuk kali ini saya memberi contoh tutorial di Blogger

1. Silahkan masuk ke Dashboar Blogger
2. Pilih tema atau template

3.  Pilih Edit HTML lalu masukan kode tag meta berikut dibawah kode <head> :
<!-- Social Media meta tag need customer customization -->
<meta content='isi kode ID Aplikasi' property='fb:app_id'/>
<meta content='isi dengan Url Profile Facebook anda' property='fb:admins'/> 

Catatan : Jika anda sudah ada Tag social media maka kode tadi tak perlu di tambahkan lagi, agan hanya mengubah ID aplikasi facebook agar saat membagikan tidak eror dan author nya sesuai dengan Facebook anda.

Saya rasa bahasa dari tulisan ini jauh dari kata sempurna, jika sekiranya agan masih bingung anda bisa menanyakan di kolom komentar - Terima Kasih