Widget HTML Atas

Cara Mengaktifkan HTTPS (SSL) di Blogger Domain TLD

Kita semua mungkin mengetahui ketika mengupgrade dari Subdomain blogspot ke Domain Tld di blogger akan mengNonaktifkan HTTPS kita, dan disana jelas tertera bahwa peringatan bahwa domain khusus di blogger dalam Https tidak tersedia.

mengubah http ke https

Nah bagaimana solusi agar situs kita support https ?
Ternyata ada cara agar blog kita walau dalam domain tld (http) bisa didukung https, dengan memakai pihak ketiga dari Cloudflare, dan cara ini mudah dan bisa digunakan secara gratis.

Berikut langkah-langkah nya :

1. Masuk Kesitus CloudFlare 

2. Sign Up atau Sign in kalau anda sudah mendaftar (Tutorial mendaftar saya rasa tidak perlu dibahas lagi karna gan pasti bisa)

3. Add Site dan Tambahkan Url situs agan lalu pilih begin Scan, Maka kita akan menunggu proses scanning nya sampai selesai lalu pilih Continue Setup.


4. Kita diarahakan ke halaman DNS domain kita, jadi gak harus diubah lagi karna domain kita sudah kita pakai DNS dari blogger maka agan langsung saja pilih Continue.

5. Kita akan diarahkan ke laman Rencana Cloudflare ada 4 pilihan yaitu :

  • Free Website
  • Pro Website
  • Business Website
  • Enterprise Website 

Disana beda beda pula tingkatan nya, jadi semakin baik pelayanan nya maka semakin mahal harga nya, untuk kali ini agan bisa untuk mencoba Free Website dahulu lalu Continue.

6. dalam Step ke empat kita akan di hadapkan untuk mengubah Nameserver agan bisa mengubah di list domain anda menyewa, seperti saya menyewa domain di rumah web. maka saya mengupdate name server :
update nameserver agar domain https
seperti gambar diatas kita hanya mengupdate 2 baris name server antara lain :

  • art.ns.cloudflare.com
  • betty.ns.cloudflare.com
Sisa dari nameserver yang lain Hapus saja lalu Pilih Update NameServer.

7. Anda kembali ke jendela Cloudflare tadi lalu lanjutkan dengan memilih Continue.

8. Stelah itu kita menunggu sampai status domain yang sudah kita update tadi Aktif biasanya menunggu sampai 2-3 jam, anda boleh kok ngopi-ngopi dulu.

9. Selanjutnya masuk ke menu Crypto dalam SSL maka anda harus mengubah menjadi Flexsible.

pilih menu crypto agar flexible

10. dan langkah terakhir anda harus mengubah di Page Rules agar status HTTPS selalu aktif, maka agan pilih menu Page Rules > Create Page Rule.

page rules edit

dalam pengisisan di Kolom kita diminta URL maka agan harus menambahkan nama domain tadi menjadi www.namadomainanda.com/*
dan jangan lupa Add Setting menjadi Always Use Https Lalu Save and Deploy.
selalu gunakan dalam mode https

Berikut sekiranya tutorial kali ini dari saya, jika sekiranya tutorial ini masih membingungkan anda bisa bertanya di kolom komentar - Terima Kasih