Widget HTML Atas

Cara Mudah Membuat Situs Web Toko Online Gratis

Buat anda yang ingin mencoba untuk membuat Situs atau Website toko online Gratis hal ini benar ada nya, pasti kan bagi anda ingin mempromosikan Produk nya lewat media Online, banyak juga yang mempromosikan nya melalui Facebook, Path atau Instagram, tentu hal ini bisa, tapi Produk kita tidak menjangkau secara luas cangkupan nya.

Nah dengan kita membuat Situs Web cara ini paling ampuh agar produk kita dijangkau oleh banyak orang, tak tanggung tanggung, produk kita bisa dicapai seluruh Dunia, tentu ini akan menjadikan Produk kita kemungkinan besar mendapat pelanggan baru.

Apa saja Syarat wajib Untuk memulai Sebuah Website ?
1. Nama Domain (Nama Produk kita dengan ber ekstensi .com) Contoh : TokoSaya,com
2. Hosting (tempat data-data/ file-file situs kita yang akan kita simpan)
3. Jaringan Internet (tanpa jaringan yaa gak bisa akses lah di internet)
4. Tema/Template (Sekumpulan file Html-Php dan Javascript) di modifikasi menjadi Tampilan situs kita.

Nama Domain TLD
Nah untuk nama Domain kita harus wajib sewa di penyedia domain agan bisa menyewa tersebut di Hostgator, Rumah web dan lain-lain.
kalo saya sering menyewa nama domain di rumahweb, usahakan pilih domain dengan Akhiran .com agar situs kita bisa menjelajah dan umum dimata pengunjung.

Hosting
Hosting itu kita ibaratkan sebuah rumah kita, yang dimana kita menyimpan semua nya di dalam rumah, sama halnya dengan hosting yaitu menyimpan Data dan file kita, Jenis hosting juga bermacam ragam nya mulai dari gratis hingga yg tipe expert, anda tinggal memilih sesuai dengan apa yang anda butuh kan untuk file-file di web kita.

Jaringan Internet
yaa jaringan harus ada, karna tanpa jaringan yaa mana bisa mengakses browser untuk masuk ke hosting kita, tanpa jaringan internet sama aja bohong, hehe, untuk itu siapkan kuota yaa guys

Tema/ Template
Template itu adalah kumpulan Html-javascript php dan lain lain, yang dimana untuk membuat tampilan situs kita seperti apa, anda bisa mengatur sesuka anda, oh iya jika anda kurang atau tidak mengerti dengan HTML atau PHP, jangan khawatir karna banyak penyedia Template secara gratis baik dalam hosting maupun di pencarian google.

Membuat Situs Website
Nah jika anda sudah memahami syarat untuk memulai sebuah website, maka langkah awal kita adalah registrasi nama domain, yaitu kita harus menyewa per tahun, jika anda sudah menyediakan nama domain apa yang akan agan pakai maka anda langsung daftarkan dan registrasi, saran saya sih anda memakai dari Rumah Web.

jika sudah sekarang kita akan memakai hosting rekomendasi sih Rumah Web disana kita akan di beri Hosting gratis sebulan, untuk menyiapkan mode web kita, caranya masuk dan login di situs rumah web, lalu ditampilkan tab Hosting wordprees gratis, nah klik aja contoh gambar berikut :

hosting wordprees rumah web

Lalu pilih Daftar Free Trial sebulan dan klik seperti gambar berikut :


Nah kita akan di arahkan dengan menetapkan nama domain, anda bisa membeli/ menyewa lagi atau memakai nama domain yang udah diregistrasi tadi, Pilih untuk Hosting saja untuk yang sudah mempunyai nama domain, lalu masukan nama domain yang sudah kita sewa tadi.
pilihlah hosting saja

Selanjutnya anda Scroll kebawah dan isi data-data anda yang jelas dan benar dan jangan lupa ceklis ketentangan Privasi lalu chekout.

Nah pada langkah ini kita hampir siap untuk membuat situs web, sekarang kita akan di arahkan oleh rumah web ke Control Panel dan kita juga diberi Nama Admin dan Password untuk Login, anda tinggal Login dan install Wordpress, dengan mengklik gambar logo Wordpress saja lalu pilih Install.
menginstall wordpress di hosting

Tapi tahukah anda apa itu Wordpress ?
Wordpress adalah Software yang akan kita gunakan untuk pendorong sebuah website dari segi Website Situs Online, Media Berita dan lain-lain
dan tahukah anda Wordpress terbagi 2 yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Konsepnya sama-sama gratis kok dan boleh digunakan oleh siapapun, tapi apa yang membedakan nya ?
Jika kita menggunakan wordpress.com artinya kita akan menggunakan dari hosting wordpress tersebut yang dimana nama domain kita menjadi misalnya TokoOnline.wordpress.com (subdomain) dan kita Tidak bisa mengkontrol penuh terhadap situs kita.
Wordpress.org yang dimana kita harus mempunyai hosting sendiri (self-hosting) yang dimana kita bisa mengkontrol penuh terhadap situs kita.

Oke lanjutan ketika kita sudah instal Wordpress agan tinggal klik Log in kita akan masuk kedalam Dashboard Cms Wordprees.
oke selamat anda sudah mempunyai situs website, anda tinggal Posting artikel atau membuat struktur untuk toko online..

Oh iya Tema untuk tampilan situs anda, kita bisa lho meng Install Tema di dalam WordPrees Tersebut dan tentunya gratis Anda tingal pilih Menu Tampilan > Tema > Tambahkan Baru 

pilihan meng install tema baru

Jika sudah selanjutnya pilih lah dan Install lalu Aktifkan tema yang sesuai dengan bentuk Toko Online dan yang anda ingin Tampilkan.

Oke berikut cara kurang lebih cara memulai membuat Situs Web Toko Online, mungkin penjelasan nya kurang dan terlalu kaku untuk selanjutnya anda boleh bertanya tanya di kolom komentar.