Widget HTML Atas

Cara Cek apakah Tema Valid AMP di Blog

AMP atau singkatan dari Acelerated Mobile Pages yang mungkin beberapa pekan yang lalu menjadi dan sering dipertanyakan orang orang, Khusunya para blogger desainer, yang dimana jika Template kita valid amp maka kecepatan situs kita meningkat menjadi 10x lipat dari biasanya, hal ini dikarenakan perkembangan zaman orang orang mulai memakai gadget dalam mendapatkan informasi dan hampir 80% pada masa sekarang Searching di mesin pecari seperti google meningkat dengan pengguna smarthphone.
cara cek blog valid amp

Maka dari itu Pihak-Pihak mendesak dan mengeluarkan mode AMP agar pengguna (visitor) dapat menjangkau dan mampu mendapatkan informasi semudah dan secepat mungkin, tentu kita blogger man gak mau ketinggalan dong dari situs lain dimana situs lainya sudah mulai mengembangkan agar tema/.template nya sepenuhnya Valid AMP.

ada yang mendesain sendiri karna seblumnya sudah paham HTML, tapi bagaimana dengan yang tidak tau apa-apa? maksudnya ada yang pengen secara instan, tentu cara yang instan adalah dengan membeli template atau mencari ada yang mau memberi template amp free seperti kompi ajaib dan lain2.

Nah bagaimana dong cara melihat apakah template/tema tersebut valid amp ? ada beberapa cara agar kita mengetahui apakah tema tersebut valid amp antara lain :

# Mengecek dengan Validator AMP Project

  1. Masuk lah Kesitus ini : AMP Validator
  2. Masukan URL situs yang mau di cek
  3. HTML Format
  4. Pilih Validate
Maka akan diperlihatkan apakah situs tersebut valid amp atau tidak, Jika valid maka di tulisanya "PASS" jika tidak maka akan dikatakan "FAIL".
Contoh nya sebagai berikut :
Status theme Valid AMP
Status Valid AMP


Contoh Status banyak kode yang eror, tidak Valid AMP maka status validator amp nya FAIL seperti gambar berikut :
non valid amp
Status No Valid AMP
Atau dengan cara mudah adalah dengan cara menggunakan Halaman pengujian AMP, disana juga akan diperlihatkan apakah tag-tag yang salah dalam HTML kita

 

# Pengujian AMP

Caranya sama yang kita lakukan masuk ke halaman disini Pengujian AMP Lalu masukan alamat Url situs yang ingin di cek misalnya "www.namablog.com",  dengan pernyataan Apakah Halaman Anda Valid AMP, Tool ini dari tools online Google, Lalu pilih jalankan Pengujian.
halaman pengujian AMP

anda masih binggung? coba dengan cara ketiga adalah dengan kita memakai browser Google Crhome, dan ini akan otomatis memberitahukan apakah situs itu valid amp atau tidak sebagai berikut :

 # Extension AMP Google Chrome

  • Bukalah Browser Google Chrome anda
  • Lalu masuk ke sini Extension Amp
  • Lalu tambahkan AMP VALIDATOR 
google chrome

Jika agan telah memasang maka ada di pojok kiri gambar Petir setiap situs yang kita kunjungi maka warna nya bisa berubah rubah tergantung apakah Tema nya sudah valid amp atau eror atau belum didukung tag amp.
google chrome
  • Jika Logo AMP warna biru : maka halaman tersedia dalam versi AMP 
  • Jika Logo AMP warna merah : maka halaman tersebut invalid AMP
  • Jika Logo AMP warna hijau : berati menunjukkan halaman yang valid AMP
  • Jika Logo AMP warna putih : maka halaman tersebut masih non AMP
 Berikut cara mengecek sebuah halaman atau tema valid atau tidak nya - Terima Kasih