Air Terjun Segerincing Dan Batu Larung ( Desa Tuo | Dusun Benteng )

Sebagai putra asli (Desa Tuo) saya sangat senang sekali karna di desa saya terdapat air terjun dan batu larung sebagai tempat wisata alam paling indah sedunia.

Kab. merangin Kecamatan lembah masurai memiliki potensi wisata, di antara lain air terjun segerincing di desa tuo yg memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 70 meter dan lebar pancuran lebih kurang 6 meter, air terjun ini bersumber dari sungai siau yg berulu di gunung masurai. airnya masih jernih dan dapat diminum langsung tanpa di masak, di bawah air terjun ini juga terdapat lubuk larangan yg terdapat beberapa spesies ikan. jika ingin ke air terjun segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo karena kenderaan roda 4 dan 2 sudah bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar air terjun ini yg bisa di jadikan untuk tempat santai dan makan-makan.


Yg kedua Batu Larung, adalah sebuah prasasti yang telah berumur ratusan tahun, Batu Larung Situs Dusun Tuo berbentuk silinder dengan diameter bidang salah satu ujung lebih besar daripada diameter bidang ujung lainnya serta tidak lebih daripada seperdelapan bagiannya dipangkas sejajar sumbu panjangnya, sehingga membentuk bidang datar empat persegi panjang yang merupakan bagian dasar megalit. Pada badan silinder atas dipahat bentuk enam manusia kangkang yang digambarkan bersambungan seolah-olah yang satu menyangga yang lain. Pada bagian tengah badan atas terdapat sebuah kotak bujursangkar dan lebih ke dalam berbentuk bulat yang diapit kedua kaki dari dua figur manusia kangkang. Ukuran megalit Batu Larung Situs Dusun Tuo: panjang 345 cm, lebar ujung besar 94 cm, lebar ujung kecil 60 cm, tinggi ujung besar 88 cm, tinggi ujung kecil 82 cm. Lubang bujursangkar berukuran 32 cm, lubang bulat berdiameter 20 cm, kedalaman kotak 12 cm.



 Jika kalian ke sini jangan lupa mampir di rumah aq yo kanti2 galonyo, Tepatnya di simpang masuk ke air terjun

1 komentar: